10 MAKANAN PENURUN TEKANAN DARAH TINGGI

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi penyakit lain jika tidak segera diatasi. Hipertensi merupakan faktor utama penyebab berbagai penyakit kronis seperti serangan jantung, stroke, dll.


Berikut ini adalah 10 makanan penurun darah tinggi yang dapat Anda masukan ke dalam menu makanan Anda.
1. Sayuran hijau, seperti bayam yang merupakan sumber kalium sehingga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
2. Tomat dapat menuirunkan darah tinggi karena kaya akan kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin D, vitamin E.
3. Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu atau pelengkap agar masakan menjadi gurih dan harum. Namun tanpa disadari bahwa satu siung bawah putih dapat menurunkan kadar darah tinggi.
4. Kedelai adalah sumber lain yang sangat baik dari kalium dan magnesium. Anda dapat mengonsumsinya karena dipercaya dapat menurunkan darah tinggi.
5. Pisang, buah fungsional ini merupakan sumber kalium, dan juga termasuk pilihan yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
6. Minyak zaitun, mengandung senyawa antioksidan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah Anda.
7. Biji bunga matahari merupakan sumber besar magnesium.
8. Gandum merupakan sahabat bagi penderita.
9. Susu skim adalah susu bebas lemak yang kaya akan kalsium serta vitamin D. Kalsium dan vitamin D juga memiliki peranan dalam menjaga tekanan darah agar selalu dalam ambang normal.
10. Buah-buahan segar seperti alpukat, tomat, zaitun dan mengkudu, menjadi menu terakhir dalam daftar makanan penurun darah tinggi kali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar